Selasa, 11 November 2014



Arsitektur Komputer

Arsitektur Komputer adalah sebuah ilmu untuk tujuan perancangan sintem kompter. Tujuan seorang arsitek komputer adalah merancang sebuah sistem dengan kinerja yang tinggi dengan  biaya yang layak, memenuhi persyaratan-
 persyaratan lainnya. “Arsitektur Komputer”
memberikan berbagai atribut pada sistem komputer yang dibutuhkan oleh seorang perancang software sistem untuk mengembangkan suatu progaram. Model konseptual arsitektur komputer memeberikan informasi sebagai berikut.
1.Set instruksi
2.Format instruksi
3.Kode operas
4.Jenis-jenis operand
5Mode-mode pengalamatan operand
6.Register
7.Main memory space utilization (memory map)
8.Alokasi ruang I/O (I/O map) 
 9.Pengerjaan/penetapan interupsi dan prioritas
10.Pengerjaan kanal-kanal DMA dan prioritas
11.Teknik-teknik I/O yang digunakan berbagai perangkat
12.Format-format perintah pengontrol I/O
13.Format-format status pengontrol I/O
Organisasi komputer memberikan gambar yang lebih dalam mengenai struktur fungsional dan interkoneksi logika antara unit-unit (blok fungsional). Biasanya termasuk rincian atau detail hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti sinyal-sinyal kontrol, antarmuka komputer dan peripheral serta teknologi memori yang digunakan.
 


Tingkatan Dalam Arsitektur Komputer

Ada sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi sistem komputer. Perbedaan paling sederhana diantara tingkatan tersebut adalah perbedaan antara hardware dan software. Tingkatan Dasar Arsitektur Komputer Pada tingkatan ini Hardware sebagai tingkatan komputer yang paling bawah dan paling dasar,dimana pada hardware ini “layer” software ditambahkan. Software tersebut berada di atashardware, menggunakannya dan mengontrolnya.

Hardarwe ini mendukung software dengan memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan software. Multilayerd Machine Tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan memandang sistem komputer keseluruhan
sebagai “multilayered machine” yang terdiri dari beberapa layer software
di atas beberapa layer hardware. 

 1.CPU (Central processing Unit ), yang mengendalikan semua unit sistem komputer yang lain      da  mengubah input menjadi output.

 2.Unit Input, memasukkan data ke dalam primary storage

 3.Secondary storage (penyimpanan sekunder), menyediakan tempat untuk menyimpan program dan     data saat tidak digunakan

 4.Unit Output, mencatat hasil pengolahan.

Organisasi Komputer
               Adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen  penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol. Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. 

 Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik  pengalamatan, mekanisme I/O. Dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya. Organisasi Komputer : Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen-komponen sister komputer. 

Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.Arsitektur komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O. Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural.
 Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional. Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer,dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural
 
contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyal– sinyal kontrol Perbedaaan Utamanya : Organisasi Komputer : - Bagian yang terkait dengan erat dengan unit – unit operasional.
 Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal control Arsitektur Komputer : - Atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer - Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O .


http://www.academia.edu/6504965/Pengertian_dan_Tujuan_ARSITEKTUR_KOMPUTER





Tidak ada komentar:

Posting Komentar