Arsitektur
Komputer
Arsitektur Komputer adalah sebuah ilmu untuk tujuan
perancangan sintem kompter. Tujuan seorang arsitek komputer adalah merancang
sebuah sistem dengan kinerja yang tinggi dengan biaya yang layak,
memenuhi persyaratan-
persyaratan
lainnya. “Arsitektur Komputer”
memberikan
berbagai atribut pada sistem komputer yang dibutuhkan oleh seorang perancang
software sistem untuk mengembangkan suatu progaram. Model konseptual arsitektur
komputer memeberikan informasi sebagai berikut.
1.Set
instruksi
2.Format
instruksi
3.Kode operas
4.Jenis-jenis operand
5Mode-mode
pengalamatan operand
6.Register
7.Main
memory space utilization (memory map)
8.Alokasi
ruang I/O (I/O map) 9.Pengerjaan/penetapan interupsi dan prioritas
10.Pengerjaan
kanal-kanal DMA dan prioritas
11.Teknik-teknik I/O yang digunakan berbagai
perangkat
12.Format-format
perintah pengontrol I/O
13.Format-format status pengontrol I/O
Organisasi
komputer memberikan gambar yang lebih dalam mengenai struktur fungsional dan
interkoneksi logika antara unit-unit (blok fungsional). Biasanya termasuk
rincian atau detail hardware yang dapat diketahui oleh pemrogram, seperti
sinyal-sinyal kontrol, antarmuka komputer dan peripheral serta teknologi memori
yang digunakan.
Tingkatan Dalam Arsitektur
Komputer
Ada
sejumlah tingkatan dalam konstruksi dan organisasi sistem komputer. Perbedaan
paling sederhana diantara tingkatan tersebut adalah perbedaan antara hardware
dan software. Tingkatan Dasar Arsitektur Komputer Pada tingkatan ini Hardware
sebagai tingkatan komputer yang paling bawah dan paling dasar,dimana
pada hardware ini “layer” software ditambahkan. Software tersebut berada di
atashardware,
menggunakannya dan mengontrolnya.
Hardarwe ini mendukung software dengan
memberikan atau menyediakan operasi yang diperlukan software. Multilayerd
Machine Tingkatan dasar arsitektur komputer kemudian dikembangkan dengan
memandang sistem komputer keseluruhan
sebagai
“multilayered machine” yang terdiri dari beberapa layer software
di atas
beberapa layer hardware.
1.CPU (Central
processing Unit ), yang mengendalikan semua unit sistem komputer yang lain da mengubah input menjadi output.
2.Unit Input, memasukkan data ke dalam primary storage
3.Secondary
storage (penyimpanan sekunder), menyediakan tempat untuk menyimpan program dan data
saat tidak digunakan
4.Unit Output, mencatat hasil pengolahan.
Organisasi Komputer
Adalah
bagian yang terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi
antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya.
Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka,
teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol. Arsitektur komputer
lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait
dengan seorang programmer.
Contohnya,
set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme
I/O. Dan juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus
seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat
menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan
target biayanya. Organisasi Komputer : Organisasi komputer adalah bagian yang
terkait erat dengan unit – unit operasional dan interkoneksi antar
komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya.
Biasanya mempelajari bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer
dan hubungan antara komponen-komponen sister komputer.
Contoh
aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi
memori, dan sinyal – sinyal kontrol.Arsitektur komputer lebih cenderung
pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang
programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik
pengalamatan, mekanisme I/O. Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu
memiliki instruksi pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan
arsitektural.
Apakah instruksi pengalamatan tersebut akan
diimplementasikan secara langsung ataukah melalui mekanisme cache adalah kajian
organisasional. Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait dengan
unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem computer,dan
interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural
contoh:
teknologi hardware, perangkat antarmuka (interface), teknologi memori, sistem
memori, dan sinyal– sinyal kontrol Perbedaaan Utamanya : Organisasi
Komputer : - Bagian yang terkait dengan erat dengan unit – unit
operasional.
Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka,
teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal control Arsitektur
Komputer : - Atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang
programmer - Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik
pengalamatan, mekanisme I/O .
http://www.academia.edu/6504965/Pengertian_dan_Tujuan_ARSITEKTUR_KOMPUTER
Tidak ada komentar:
Posting Komentar